Hai Guru Hebat. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa Kemendikbud merilis sebuah media latihan bagi para Guru Honorer yang ingin mengikuti uji seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Tahun 2021.

Fasilitas yang diberikan pada Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mempersiapkan berbagai fasilitas guna menunjang keberhasilan para guru serta sebagai bekal tambahan untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK 2021.

Fasilitas diberikan pada program ini adalah Materi, Perangkat, Latihan Soal, Community Learning serta latihan Tryout.

Cara Daftar Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Guru ASN PPPK Tahun 2021

Dengan adanya Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh guru honorer calon ASN PPPK yang telah memenuhi beberapa kriteria sebagaimana berikut:

- Guru honorer, termasuk guru eks-THK-2;
- Guru non-PNS yang sudah disertifikasi;
- Guru non-PNS yang belum disertifikasi, tapi terdaftar di Dapodik pada akhir Desember 2019;
- Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

Sedangkan syarat untuk dapat mengikuti Program Guru Belajar Seri PPPK ini adalah Guru bukan PNS dan Guru yang sudah memiliki Akun SIM-PKB.

Tujuan Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK adalah untuk membekali pengetahuan dan keterampilan dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti tes seleksi Calon Guru ASN PPPK.

Dengan tujuan tersebut, maka program Ayo Guru Belajar dan Berbagi ini dapat dirancang secara fleksibel sehingga bisa dengan mudah diakses menggunakan perangkat media Tab/Pad, komputer, laptop maupun smartphone oleh guru honorer calon ASN PPPK di seluruh Indonesia.

Cara Daftar Program Ayo Guru Belajar Kemendikbud

Sebelum kita membahas tentang cara registrasi akun Guru Belajar yang digawangi oleh Kemendikbud, ada beberapa hal yang perlu Bapak / Ibu Guru ketahui dan perhatikan secara seksama, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Jadwal registrasi akun Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK dimulai pada tanggal 3-12 maret Tahun 2021. Sedangkan jadwal tryout dibuka mulai tanggal 15 Maret hingga 7 April 2021;

- Ketentuan lainnya adalah bagi peserta yang telah mengikuti program tersebut, maka memiliki 1 kali kesempatan untuk mengganti Mapel dan melakukan tryout ulang.

Oleh sebab itu, bagi Bapak / Ibu Guru Hebat semua yang hingga saat ini masih belum mendaftar di akun Guru Belajar dan Berbagi, maka disarankan untuk segera mengakses dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Kemendikbud tersebut.

Sedangkan cara melakukan registrasi Akun Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, Bapak / Ibu Guru dapat memperhatikan dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Pertama, kunjungi alamat web berikut https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/.

- Langkah selanjutnya adalah klik tombol 'Mulai Belajar', kemudian akan muncul halaman login ke Akun SIM-PKB.

- Selanjutnya masukkan Username dan Password SIM PKB Anda, lalu klik tombol Masuk.

- Jika Anda berhasil login, maka sistem akan secara otomatis menampilkan apakah Anda dapat melakukan pendaftaran pelatihan sesuai dengan syarat-syarat pembelajaran atau tidak. Jika dinyatakan layak, maka akan muncul sebuah notifikasi.

- Setelah itu, klik tombol Daftar pada notifikasi yang muncul lalu pilih mapel yang sesuai dengan program studi yang diampu sesuai dengan kualifikasi pendidikan D4/S1 Anda masing-masing. Kemudian Ceklis pada bagian kotak kecil yang berada di sudut kiri, lalu klik Daftar.

- Jika Anda berhasil dalam melakukan pendaftaran, maka akan munucll notifikasi 'Anda Berhasil Mendaftar Di Mata Pelajaran' dan akan ada informasi detail terkait jadwal pada halaman tersebut.

- Pendaftaran Anda telah Selesai dilakukan.

Demikian yang bisa kami bagikan tentang cara Daftar Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Guru ASN PPPK Tahun 2021. Semoga dengan kami bagikan panduan pendaftaran Ayo Guru Belajar Seri Guru PPPK Tahun 2021 ini bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru semua. Semoga berhasil, terimakasih.

Berikan komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera dipublikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Lebih baru Lebih lama