Lakukan Ini Untuk Pertolongan Pertama Pada Gejala Asam Urat

Pertolongan pertama pada gejala asam urat sebetulnya sangat penting untuk diketahui. Apalagi, asam urat bisa secara tiba-tiba kambuh dan membuat hal-hal yang telah direncanakan jadi berantakan. Sebab, kondisi ini dapat menyulitkan untuk berjalan maupun tidur, akibat nyut-nyutan yang sangat menyiksa.

Kemunculan asam urat biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang hebat dan tiba-tiba dirasakan pada sekitar ibu jari kaki. Secara bersamaan, di sekitar jempol akan timbul bengkak dan kadang jadi kemerahan, terasa sakit serta panas bila disentuh.

Gejala asam urat ini bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Terkadang malah tanpa penyebab yang jelas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui terkait langkah penanganan yang tepat untuk gejala asam urat yang muncul secara tiba-tiba ini.

Pertolongan Pertama Pada Gejala Asam Urat, Apa Yang Harus Dilakukan?

Pertolongan Pertama Pada Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi disaat kadar asam urat (uric acid) dalam tubuh menjadi naik karena terjadi penumpukan di persendian. Akibatnya, tubuh akan mengalami kelebihan asam urat atau disebut juga dengan istilah hiperurisemia.

Hiperurisemia yang tidak bergejala tidak butuh perawatan khusus dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika sampai menyebabkan persendian meradang, bengkak, merah, nyeri, atau panas ketika disentuh, maka sebaiknya Anda melakukan langkah pertolongan pertama pada asam urat berikut ini.

1. Memeriksakan Diri Ke Dokter

Ya, pertolongan pertama pada asam urat yang paling utama adalah dengan pergi ke dokter, apalagi jika Anda belum pernah mengalami kondisi ini sebelumnya. Dokter akan terlebih dahulu memastikan kondisi asam urat, dengan cara mengeluarkan cairan dari sendi yang bengkak, kemudian memeriksanya di bawah mikroskop.

Jika Anda dinyatakan positif mengidap asam urat, maka dokter akan memberi resep obat dan merekomendasikan untuk mengubah gaya hidup. Dokter juga bisa memberikan saran mengenai cara mengatasi asam urat jika kondisi ini kembali kambuh di masa mendatang.

2. Menggunakan Kompres Dan Beristirahat

Ketika asam urat terjadi secara tiba-tiba, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah beristirahat. Untuk meredakan bengkak dan peradangan di sekitar jempol kaki atau bagian sendi lain yang terkena asam urat, Anda bisa mengompresnya dengan es.

Pastikan area yang bengkak atau meradang dibiarka begitu saja, tidak tertutup kain, apalagi dibebat. Hal ini dapat menambah tekanan pada sendi sehingga rasa nyeri yang Anda rasakan bisa semakin parah.

3. Mengkonsumsi Obat Anti Nyeri

Mengonsumsi obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS) yang dijual bebas seperti ibuprofen juga dapat dijadikan langkah pertolongan pertama pada asam urat yang kambuh. Namun, bila memiliki masalah pada ginjal, sebaiknya Anda tidak minum obat ini maupun obat lain sebelum berkonsultasi dengan dokter.

4. Gunakan Obat Yang Mengandung Steroid

Obat yang mengandung steroid seperti prednisone bisa digunakan pasien yang tidak boleh mengonsumsi OAINS, asalkan dengan rekomendasi dokter. Prednisone bisa berbentuk oral (diminum) atau dimasukkan lewat pembuluh darah (infus) bila Anda dirawat di rumah sakit.

5. Minum Obat Resep Dokter

Dokter dapat meresepkan obat khusus pereda asam urat, seperti obat yang mengandung colchicine atau allopurinol. Colchicine adalah obat oral yang menghambat pembentukan kristal asam urat di persendian dan direkomendasikan untuk diminum dalam tempo 12-24 jam setelah Anda mengalami serangan asam urat.

Sementara itu, allopurinol bekerja dengan menghambat kenaikan level asam urat di dalam tubuh dan biasa diresepkan untuk penderita asam urat kambuhan. Ada pula obat jenis probenecid yang mampu membantu ginjal membuang kelebihan kadar asam urat lewat urine.

6. Mengubah Pola Makan

Ketika pertolongan pertama pada asam urat mampu meredakan gejalanya, pastikan Anda menjaga diri dengan mengubah pola makan. Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat ialah protein hewani dan alkohol, karena dikhawatirkan bisa memicu naiknya kadar asam urat di dalam tubuh.

Pastikan juga Anda terhidrasi dengan baik. Minum cukup air putih setiap hari agar ginjal dapat membuang kelebihan asam urat di dalam tubuh lewat urine.

Catatan Dari Edufajrinfo

Apapun pengobatan asam urat yang sedang Anda jalani, bersabarlah untuk menanti kesembuhan, karena serangan asam urat biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Untuk meredakan nyeri yang mungkin Anda rasakan, perbanyak istirahat, tetap minum obat dari dokter, dan ikuti sarannya.
Shisi Indaryanti

Hijab bukan untuk wanita yang pandai agama saja. Tapi hijab wajib bagi seluruh wanita yang mengaku dirinya muslimah. Karena dengan berhijab yang benar, maka dapat menuntun penggunanya untuk senantiasa berperilaku sesuai syariat Islam.

Komentar yang Anda kirimkan dimoderasi. Silahkan berkomentar dengan baik dan santun.
Jika sesuai dengan ketentuan kami, maka komentar Anda akan segera ditampilkan.
Komentar yang berisi link aktif, promosi produk, spamming atau sejenisnya akan dihapus.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama