6 Cara Menghilangkan Nyeri Asam Urat Dengan Cepat Dan Ampuh

Serangan nyeri asam urat dapat mengakibatkan rasa yang teramat sakit dan membuat tidak nyaman pada penderitanya.

Dilansir dari WebMD, kondisi ketika penyakit asam urat kumat biasanya dikenal dengan istilah artritis gout.

Tanda gejala asam urat dapat dimulai dengan rasa panas, gatal-gatal, atau kesemutan pada persendian selama satu atau dua jam sebelum serangan penyakit tersebut datang.

Setelah itu, baru penderitanya akan merasakan nyeri asam urat di bagian sendi. Rasa sakitnya sesekali akan membuat kulit di bagian luar sendi jadi kemerahan dan bengkak.

Cara Menghilangkan Nyeri Asam Urat Dengan Cepat Dan Ampuh

Rasa nyeri pada serangan asam urat ini kebanyakan terjadi di bagian pangkal jempol kaki. Namun demikian, terkadang juga bisa menyerang siku, lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan punggung kaki.

Gejala asam urat yang dirasakan oleh penderitanya ini bahkan tidak jarang berlangsung dalam hitungan hari sampai minggu.

Keadaan nyeri paling parah biasanya terjadi pada dua hari pertama. Dalam kondisi ini, berbagai aktivitas yang dilakukan penderita bisa terganggu.

Berikut adalah cara untuk menghilangkan gejala nyeri asam urat dengan cepat yang bisa Anda coba lakukan di rumah:

1. Minum Obat Pereda Rasa Sakit

Melansir Arthritis Health, pertolongan pertama dan cara mengatasi asam urat pada kaki atau tangan adalah dengan cara minum obat pereda nyeri antiperadangan nonsteroid (NSAID), misalnya ibuprofen atau naproxen.

Hindari mengkonsumsi jenis aspirin atau obat pereda rasa sakit yang mengandung asam asetilsalisilat karena hal tersebut bisa memperburuk gejala asam urat.

Yang perlu diingat, obat NSAID ini memiliki efek samping yaitu meningkatkan tekanan darah pada tubuh. Jadi, konsultasikan selalu dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsi obat ini.

Jika obat pereda rasa sakit yang dijual bebas di berbagai toko obat atau apotek masih tidak mempan, maka konsumsilah obat asam urat yang dianjurkan oleh dokter.

Para penderita asam urat yang telah mendapatkan penanganan medis, biasanya diberi resep obat untuk dapat mengatasi serangan nyeri asam urat. Terlebih jika penderita tersebut pernah terkena serangan nyeri asam urat.

Salah satu obat yang banyak diresepkan dokter untuk mengatasi nyeri asam urat adalah obat jenis kortikosteroid.

Tetapi, mengkonsumsi obat ini harus dengan pengawasan dokter karena memiliki efek samping sakit perut, apalagi jika diminum lebih dari beberapa hari.

2. Kompres Dengan Es Batu

Cara menghilangkan rasa nyeri asam urat dengan cepat secara alami yang bisa Anda coba adalah dengan mengkompres bagian yang sakit menggunakan es batu.

Terapi dingin ini banyak dilakukan karena bisa mengurangi rasa sakit secara signifikan. Sebab efek dingin dapat mengurangi terjadinya peradangan sekaligus menghilangkan sinyal rasa nyeri pada tubuh.

Kompreslah dengan es batu setiap 10 atau 20 menit sekali untuk meringankan gejala penyakit.

3. Naikkan Posisi Sendi

Menyangga sendi yang paling merasakan imbas terhadap serangan nyeri asam urat bisa meredakan tekanan sekaligus mengurangi rasa sakit.

Jika pada bagian jempol kaki Anda yang terasa nyeri, maka naikkan seluruh bagian sendi sampai ke kaki agar posisinya menjadi lebih tinggi.

Anda dapat menggunakan bantal, kursi, atau ganjalan lain yang bisa menjadikan perasaan lebih nyaman dan dapat mengurangi bengkak.

4. Istirahatkan Sendi

Melansir Arthritis Foundation, cara menghilangkan rasa nyeri asam urat dengan cepat lainnya adalah dengan mengistirahatkan sendi hingga rasa sakitnya itu hilang.

Jika Anda menggunakan sepatu atau alas kaki yang kurang nyaman dipakai, coba lepaskan terlebih dahulu dan biarkan bertelanjang kaki.

Anda juga dapat menggunakan sandal santai, sehingga kaki berada dalam posisi yang rileks untuk sementara waktu.

Selain itu, jika mendesak harus berjalan kaki saat penyakit asam urat itu kambuh, maka gunakanlah tongkat untuk mengurangi tekanan pada sendi yang terasa sakit.

5. Minum Cukup Air Putih

Cara mengatasi asam urat pada bagian kaki atau tangan juga perlu adanya dukungan cairan yang cukup dalam tubuh.

Untuk itu, penderita asam urat yang mengalami sering serangan kondisi nyeri harus banyak minum air putih setidaknya delapan gelas dalam sehari. Karena dengan meminum banyak air putih bisa membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh Anda.

Selama penyakit itu kumat, hindarilah konsumsi alkohol dan minuman manis yang dapat memperparah gejala asam urat.

6. Redakan Stres

Cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat juga harus didukung dengan kondisi pikiran yang rileks.

Sebab stres dapat memperburuk gejala asam urat yang dialami karena akan membuat rasa sakit semakin kentara.

Untuk itu, saat penyakit asam urat kambuh usahakan agar melakukan aktivitas yang dapat membuat pikiran Anda lebih santai seperti menonton film, bercengkrama bersama keluarga, membaca buku, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Jika berbagai cara untuk menghilangkan gejala nyeri asam urat di atas sudah Anda coba namun penyakit tersebut semakin parah, maka segera konsultasikan keluhan Anda itu ke dokter.

Dokter biasanya akan merekomendasikan penderita asam urat untuk disuntik obat khusus asam urat kortikosteroid di bagian sendi yang sakit.

Selain itu, pastikan juga agar penderita asam urat menjalani diet rendah purin dengan cara menghindari pantangan seperti mengkonsumsi kerang, daging merah, jeroan, hingga berbagai makanan dan minuman yang manis.

Demikian yang bisa Guru Abata bagikan terkait cara menghilangkan rasa nyeri pada penderita asam urat yang mudah untuk diterapkan. Semoga informasi tentang kesehatan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan gejala yang dirasakan menjadi membaik dan hilang.
Shisi Indaryanti

Hijab bukan untuk wanita yang pandai agama saja. Tapi hijab wajib bagi seluruh wanita yang mengaku dirinya muslimah. Karena dengan berhijab yang benar, maka dapat menuntun penggunanya untuk senantiasa berperilaku sesuai syariat Islam.

Komentar yang Anda kirimkan dimoderasi. Silahkan berkomentar dengan baik dan santun.
Jika sesuai dengan ketentuan kami, maka komentar Anda akan segera ditampilkan.
Komentar yang berisi link aktif, promosi produk, spamming atau sejenisnya akan dihapus.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama